Back to Kompasiana
Artikel

Muda

Jadwal Hari Ini: Perpanjangan SIM

OPINI | 10 October 2012 | 23:37 Dibaca: 351   Komentar: 12   9

Pagi2 sudah dipesan little bos untuk bayar pajak kendaraan dan perpanjangan Sim. Uff nasib kuli gendong, perpanjangan  sim pun ampe ada sponsor yg murah hati.

Ini nih adegan lucu saat ngurus perpanjangan Sim O ( Surat ijin mengemudi Onthel) :

Ngurusnya di pelayanan sim keliling. Semua urusan di proses  di dalam mobil putih polisi (nulis nama di buku, poto web cam, pencetakan sim baru). Hanya bayar administrasinya yg di luar, di bawah pohon beringin. Wusss… silir kena tiupan angin. Mudah2an uangnya gak pada terbang kena angin.

Di suruh tanda tangan kwitansi. Tertulis biaya yg harus dibayar rp 75 ribu. Tapi si bapak bilang Rp 100 ribu. Trus pas nyerahin berkas (sim lama asli  + 2 copy, ktp asli + 2 copy, kwitansi pembayaran), eh kwitansinya gak dikembalikan.

Mau komplain,  ups malu. Mana banyak orang yg ngantri, gak ada yg protes juga. Lagi pula sim awalnya juga hasil nembak, hehehhehe. Galak2 sih yg nguji kalau bayar pas sesuai peraturan. Nah saat nembak dulu dapat kemudahan plus sambutan yg ramah.

Ooohhh duitt………. engkau sanggup menaklukkan hati pak polisi.

Nah  besok kalau mau harga pas sesuai  tarif perpanjangan  sim yg resmi ya ke polres langsung. Jangan ke pelayanan sim keliling. Tapi nunggu 5 tahun lagi. Ya udah ikhlasin aja 25 ribu untuk 5 tahun. Ane perlu waktu yg singkat, gak kejauhan jalan dan pak polisi juga perlu beli jajan.

Adegan lucu saat bayar pajak kendaraan di Samsat :

Baru tiba di parkiran, langsung di sambut petugas parkir.

“Perlunya apa mbak?”

“Mau ketemu kawan, Mas,” seraya jari menunjuk ke dalam kantor sono.

Selamat deh gak diarah2kan ke calo. Alhamdu….?

Eh, kantor samsatnya bagus tapi enggak dilengkapi papan petunjuk prosedur mengurus pajak/ balik nama/ perpanjangan nopol, dsb.

Hanya ada sebuah papan besar berisi peraturan/ UU tentang pajak kendaraan. Yahh… pantas saja banyak calo bergentayangan merayu pengunjung menggunakan jasanya. Orang yg belum pernah datang tentu bingung bagaimana prosesnya. Daripada puyeng, mendingan titip ke calo. Tinggal bayar, urusan beres.

Sebetulnya saya juga belum ngurus pajak begini. Pernah sih dulu datang ke sini tapi untuk urusan yg lain dan bayar pajak yg lain (sebelum ada sistem bayar pajak online).

Biasanya para lelaki yg ngurus soal2 beginian. Tapi karena mereka saat ini baru banyak kerjaaan, akhirnya saya yg dapat tugas.

Ngikut orang aja ke loket yg kosong pengunjung, sambil nenteng berkas. Sama si bapak petugas di suruh ke loket A.

Oke, ke A. Ambil nomor urut, terus mendengar petugas memanggil nomor sekian sampai sekian. Pas urutan kita yg disebut, tinggal maju, serahkan berkas (bpkb asli +2 copy, stnk asli + 2 copy, ktp asli + 2 copy). Sama si bapak di cek semua, terus bpkb  asli dikembalikan ke kita.

Simpan segera bpkb ke dalam tas, jangan sampai kelupaan. Bpkb itu nyawa kendaraan, kalau jatuh ke tangan orang gak bertanggung jawab bisa di tukar uang, kamu yg mewek.

Terus duduk manis, nunggu dipanggil lagi ama loket B. Ama petugas loket B dikasih kertas berisi keterangan uang yg harus dibayar. Terus disuruh ke loket C (semacam kantor kas bank) untuk membayar pajaknya.

Terus ke loket D, nunggu nama kita dipanggil.  Kalau udah dipanggil, kita serahkan kwitansi pembayaran dari bank C. Lalu pak polisi yg gagah di loket D itu  menyerahkan kembali stnk asli, ktp asli, & surat ketetapan pajak kendaraan.

Urusan selesai, gak sampai 1 jam. Mudah sekali ya bayar pajak kendaraan. Sayang prosedurnya gak diumumkan secara tertulis ke publik. Jadinya banyak calo. Yang mudah seperti rumit.

Tapi calo juga manusia yg perlu cari rizki halal. Ya udah ane beli bungkus plastik aja untuk nyimpan stnk nanti.

Gak nyangka gak ngira pas nunggu di loket D tadi ketemu teman lama. Nah, gak bohong kan saya ama petugas parkir. Mau ketemu teman, gak direncanakan malah ketemu beneran.

Udah lama sekali gak ketemu. Lagipula gak akrab2 sekali. Kirain dia sudah lupa, ternyata masih ingat. Terus  salaman.

Dia   : Apa kabar Cil?

Ane :  Baik,,,, Eh dulu pernah sakit di rs P ya?

Dia  : Iya, tapi sudah sehat kok sekarang.

Ane : Syukurlah.

Dia  : Dah ya, ,,, bye   bye

Ane : Yoiii,,, met jalan.

SSttttt… pergi ke tempat umum yg sangat populer itu saya sebel sebenarnya. Selalu saja ketemu kawan atau kenalan (Kalau ogah ketemu orang ya tinggal di hutan aja). Soalnya kudu bersih minimal mandi dulu biar gak bau.

Pernah nih seharian belum mandi,  masih acak2an bwanget nekat main ke alun2. Niatnya cuma ngantar keponakan yg nangis minta naik odong2. Ehhh….. lagi asyik ngawasi si bocah tiba2 ada orang berjalan di depan saya. Persis melewati muka yg berminyak2 dan bau yg super bacin.

“Mbaaak…….. ,” sapa orang itu.

Beppppppp……….. saya kaget setengah mati.

Eh, pak dokter……..  rupanya juga lagi momong anak di taman rakyat.

Rasanya maluuuuuu….. sekali. Pak dokter bersih dan wangi, eh saya masih kumal udah jalan ke mana2. Gak berani menebak apa kesan pak dokter ketemu orang malas mandi.

THE END

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

“Bajaj” Kini Tak Hanya Bajaj, …

Hazmi Srondol | | 19 September 2014 | 20:47

Ekonomi Kemaritiman Jokowi-JK, Peluang bagi …

Munir A.s | | 19 September 2014 | 20:48

Bedah Buku “38 Wanita Indonesia Bisa“ di …

Gaganawati | | 19 September 2014 | 20:22

Kiat Manjakan Istri agar Bangga pada …

Mas Ukik | | 19 September 2014 | 20:36

Rekomendasikan Nominasi “Kompasiana …

Kompasiana | | 10 September 2014 | 07:02


TRENDING ARTICLES

Tidak Rasional Mengakui Jokowi-Jk Menang …

Muhibbuddin Abdulmu... | 9 jam lalu

Malaysian Airlines Berang dan Ancam Tuntut …

Tjiptadinata Effend... | 12 jam lalu

Awal Manis Piala AFF 2014: Timnas Gasak …

Achmad Suwefi | 14 jam lalu

Jangan Bikin Stress Suami, Apalagi Suami …

Ifani | 14 jam lalu

Ahok, Sang Problem Solving …

Win Winarto | 14 jam lalu


HIGHLIGHT

Noise Penyebab Miskom Dalam Organisasi …

Pical Gadi | 8 jam lalu

Rindu untuk Negeri Intimung …

Riza Roiyantri | 8 jam lalu

Hanya di Indonesia: 100 x USD 1 Tidak Sama …

Mas Wahyu | 8 jam lalu

Akankah, Fatin Go Kompasianival? …

Umar Zidans | 8 jam lalu

Menteri yang Diharapkan Bisa Profesional …

Yulies Anistyowatie | 9 jam lalu

Subscribe and Follow Kompasiana: