Back to Kompasiana
Artikel

Muda

Suryono Brandoi Siringo-ringo

"Otot tak seharusnya dipertontonkan, apalagi otak masih bisa berpikir jernih. Namun, ketika segala persoalan dipandang selengkapnya

Pelaksanaan MOMB Unika st Thomas Sumatera Utara

REP | 30 September 2012 | 04:03 Dibaca: 286   Komentar: 0   1

13489342301145641078

Mahasiswa/i baru dan Dosen FE Unika st Thomas SU(doc.Unika st thomas Su)

Pelaksanaan MOMB (Masa Orientasi Mahasiswa Baru) bagi mahasiswa baru Universitas Katolik santo Thomas Sumatera Utara (Unika st Thomas SU) tahun ajaran 2012 /2013 yang diikuti oleh 950 orang yang tersebar di 7 fakultas dalam lingkup Universitas Katolik Santo Thomas Su,resmi ditutup sekitar pukul 20.00 wib. Penutupan MOMB Unika st Thomas SU yang berlangsung selama 2 hari ini ditandai dengan peluncuran kembang api.

Selama Pelaksanaan MOMB di lingkungan kampus Unika st Thomas SU ini berjalan dengan aman,tertib dan terkendali. Dimana Pelaksanaan MOMB Unika st Thomas Su kali ini berbeda dengan kegiatan tahun-tahun sebelumnya. Kegiatan ini lebih mengutamakan pembentukkan karakter,kedisiplinan,keimanan dan kemandirian mahasiswa baru. Dengan Tema sentral yang diusung dalam pelaksanaan MOMB tahun ini adalah Pembangunan Karakter, itu terlihat dari semua materi yang diberikan oleh dosen-dosen di tiap Fakultas pada prinsipnya diarahkan pada pembangunan karakter mahasiswa. Yang bertujuan membentuk karakter para mahasiswa Unika st Thomas Su agar menjadi pribadi yang pemberani, mandiri, bijaksana dan mudah bersosialisasi terhadap masyarakat luas.

Terdapat dua tahapan dalam Pelaksanaan MOMB di Unika st Thomas Su ini, Pertama, MOMB di tingkat masing-masing Fakultas dan kedua di tingkat Universitas. dimana Pada hari pertama,28/09/12 MOMB Unika st Thomas SU sepenuhnya diserahkan kepada Panitia-panitia di tiap Fakultas dan hari kedua,29/09/12 giliran panitia universitas untuk memberi pembekalan dan pengenalan tentang kampus Unika st Thomas Su kepada Mahasiswa Baru.

Pada hari pertama MOMB Unika st Thomas Sumatera Utara, sebelum panitia Universitas menyerahkan Mahasiswa Baru kepada panitia Fakultas untuk dibekali. Terlebih dahulu,Seluruh Mahasiswa Baru Unika St Thomas Sumatera Utara dikumpulkan di lapangan Reformasi Kampus Unika st Thomas Su untuk acara pembukaan pelaksanaan MOMB Unika st Thomas SU oleh pihak biro rektorat dan senat mahasiswa Unika st Thomas SU.

Setelah acara Pembukaan pelaksanaan MOMB ini selesai, panitia di tiap Fakultas diperkenankan untuk membawa para mahasiswa baru ini ke fakultas masing-masing untuk melaksanakan acara yang sudah disusun oleh tiap-tiap panitia fakultas. Di tiap Fakultas,di awali dengan perkenalan panitia-panitia MOMB Fakultas dan juga pengenalan Dekan,Dosen-dosen,Pegawai Tata Usaha yang ada di Fakultas Tersebut.

Selanjutnya, diberikan waktu kepada dosen-dosen yang ditugasin oleh pihak Dekanat untuk memberikan materi. Setelah selesai,giliran para panitia-panitia Fakultas memberikan Pembekalan. Acara yang disusun panitia Fakultas diisi dengan hal-hal yang positif, seperti bermain game, kuis, latihan yel-yel dan lain-lainnya. Di sinilah mereka dilatih untuk berani tampil menunjukkan kreativitas mereka,kekompakan,disiplin dan lain-lainnya.

Pada Hari kedua,(29/9/12 )MOMB Unika st Thomas SU diisi dengan acara yang telah disusun oleh panitia Universitas. mulai dari pengenalan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di kampus Unika st Thomas SU, hiburan (berupa penampilan anak-anak Musik), Misa (Pembinaan Rohani) hingga perlombaan yel-yel. Pada Pukul 12.00-17.00 wib,diisi dengan pengenalan UKM yang ada di Unika st Thomas Su, mulai dari UKM Karate,Kung-Fu, Capoeira, Taekwondo, Gempita, Bongkar,Paduan Suara, Bola Volley, Bola Kaki,Musik,Merpati Putih,Diskusi dan Pers, Bantuan Hukum dan lain-lainnya.

Setiap UKM yang ada di lingkungan kampus Unika st Thomas SU menunjukkan keunggulannya masing-masing untuk memperkenalkan sambil menarik minat mahasiswa baru agar nantinya setelah mereka masuk kuliah ikut bergabung di UKM tersebut. Dan pukul 17.00-19.00 wib diisi dengan acara Misa untuk pembinaan Rohani mahasiswa Baru Unika st Thomas SU. Setelah selesai, mahasiswa baru kembali dibawa ke lapangan Reformasi kampus Unika st Thomas SU untuk pengumuman pemenang Yel-yel terbaik. Dimana Yel-yel terbaik kembali di menangkan Fakultas Ekonomi untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dari tahun ke tahun.

Dengan berakhirnya pelaksanaan MOMB Unika St Thomas SU ini, saya ucapkan selamat datang Mahasiswa/I Baru Universitas Katolik santo Thomas sumatera Utara. Semoga melalui kegiatan MOMB ini,tumbuh kepribadian yang cerdas secara intelektual dan cakap secara emosional, serta memiliki jiwa besar menerima perbedaan dalam kemajemukan. Salam Mahasiswa.

 
Kompasiana adalah Media Warga. Setiap berita/opini di Kompasiana menjadi tanggung jawab Penulis.
Siapa yang menilai tulisan ini?
    -
Processing data ..
Tulis Tanggapan Anda
Guest User


HEADLINE ARTICLES

Kalahkan Norwich, Liverpool Kian Dekat …

Achmad Suwefi | | 20 April 2014 | 19:54

Ketagihan “Pecel Senggol” …

Hendra Wardhana | | 20 April 2014 | 16:01

Kebijakan Mobil LCGC Yang Akhirnya Membebani …

Baskoro Endrawan | | 20 April 2014 | 13:30

My Mother Is…? …

Salmah Naelofaria | | 20 April 2014 | 15:03

Yuk, Ikuti Kompasiana Nangkring bareng …

Kompasiana | | 15 April 2014 | 20:47


TRENDING ARTICLES

Awas Pacaran Sama Bule Player! Tips dari …

Cdt888 | 16 jam lalu

Mari Jadikan Sekolah Benar-Benar Sebagai …

Blasius Mengkaka | 18 jam lalu

Hargai Pilihan Politik Warga Kompasiana …

Erwin Alwazir | 18 jam lalu

Mandi Air Soda di Kampung, Ajaib! …

Leonardo Joentanamo | 19 jam lalu

Prediksi Indonesian Idol 2014: Virzha …

Arief Firhanusa | 20 jam lalu

Ingin menyampaikan pertanyaan, saran atau keluhan?

Subscribe and Follow Kompasiana: